December 23, 2010 | By: SAFRILFAQAT

SISTEM KOMUNIKASI INTRAPERSONAL


 Pada pembahasan kali ini menguraikan bagaimana orang menerima informasi, mengolahnya, menyimpannya, dan menghasilkannya kembali. Proses pengolahan informasi, di sini kita sebut komunikasi intrapersonal atau komunikasi dengan diri sendiri bisa juga disebut proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu, atau dengan kata lain. Proses komunikasi dengan diri sendiri baik sebagai komunikator maupun komunikasi. Meliputi sensasi, persepsi, memori, dan berfikir.

Sensasi
Sensasi berasal dari kata “sanse”, artinya alat pengindraan, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Sensasi adalah penga,aman elemneter yang segera, ang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis, atau konseptual, dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indera, “Benyamin B. Wolaman” (1973 : 343)
Apapun defenisi sensasi, fungsi alat indera menerima informasi dari lingkungannya. Melalui alat indera manusia. Lebih dari itu, melalui alat inderalah manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuan untuk berinteraksi dengan dunianya.
Jhon Locke beranggapan bahwa “there is nothing in the except what was firs in the senses “(tidak apa-apa dalam jiwa kecuali harus lebih dulu lewat alat indera). Dan benar juga anggapan filusuf lain, Berkeley, bahwa andaikan kita dapat mempunyai alat indera, dunia ini tidak akan ada.
Kita mengenal lima alat indera atau panca indera (bahkan ada yang menyebut sebelas) alat indera: penglihatan, pendengaran, perabaan, rasa sakit, perasa dan penciuman.

Jalaluddin Rahmat, Psikologi Komunikasi, 2001

0 Komentar Anda: